Berita

Tingkatkan Kualitas SDM Sergai di Masa Pandemi Lewat Pelatihan Kompetensi


Sei Rampah,

Dampak pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang juga mempengaruhi dunia kerja mesti disikapi dengan berbagai kebijakan strategis. Hal ini disampaikan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H.M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP dalam sambutannya saat membuka Diklat Berbasis Kompetensi dengan tema “Sistem Three in One Pada Industri Olahan Makanan dan Keamanan Pangan” yang dilaksanakan di Balai Karyawan PT. Lonsum Desa Firdaus Estate, Sei Rampah, Selasa (26/01/2021).

“Ancaman pemutusan hubungan kerja dan pengangguran adalah permasalahan yang mengikuti ketika pandemi Covid-19 merebak. Padahal di saat yang sama, angka tenaga kerja terus mengalami peningkatan karena jumlah lulusan dari berbagai tingkat pendidikan juga bertambah. Ini menjadi pekerjaan rumah dan tantangan tersendiri bagi Pemkab Sergai,” jelasnya
Untuk itu, kata Sekdakab, diperlukan program yang dapat menanggulangi permasalahan tersebut salah satunya lewat peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Ada 3 pilar utama untuk mendorong tumbuhnya industri, yaitu investasi, teknologi dan SDM. Ketersedian kompetensi SDM merupakan hal vital dan menentukan dalam memacu pertumbuhan ekonomi suatu daerah,” katanya.
 
Sekdakab menuruskan, saat ini diperlukan SDM yang berkualitas yang mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan teknologi digital sesuai dengan kebutuhan dunia usaha. Upaya peningkatan kualitas SDM ini, katanya lagi, merupakan upaya strategis bukan saja dalam hal penyediaan tenaga kerja namun juga terhadap peningkatan angka pelaku usaha mandiri.
Kedepannya, Faisal Hasrimy berharap kolaborasi antara program pemerintah pusat dan daerah harus ditingkatkan, berkelanjutan dan sinergis agar program yang telah direncanakan dalam upaya pemulihan ekonomi nasional menghasilkan output yang terbaik yang langsung dapat dirasakan oleh masyarakat.
“Terakhir kami sampaikan agar para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan penuh optimisme agar setelah mengikuti pelatihan ini seluruh peserta dapat meningkatkan SDM dan menjadi tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri dan pelatihan ini harus tetap dijalankan degan protokol kesehatan,” pungkasnya.
Di kesempatan yang sama, Kepala Balai Diklat Industri Medan Indra Amin, melaporkan jika kegiatan diklat ini dimulai pada tanggal 26 Januari sampai dengan 6 Februari 2021 dan diikuti Sebanyak 50 peserta yang berasal dari Sergai.
 
“ Kegiatan ini sendiri berkonsep 3 in 1. Kenapa disebut begitu? Alasannya karena tahapan kegiatan ini telah diatur sedemikian rupa dalam 3 fase untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Adapun tahapan tersebut dimulai dari pembekalan berupa pelatihan berbasis kompetensi atau diklat. Setelah menjalani diklat, seluruh peserta akan menjalani uji kompetensi untuk mengetahui hasil dari pelatihan. Peserta yang memiliki kompetensi kemudian akan mendapatkan sertifikat kompetensi. Kita mengharapkan outcome dari kegiatan ini adalah para SDM berkualitas yang dapat bersaing di dunia kerja dan juga mampu membuka lapangan kerja lewat kegiatan wirausaha,” tandas Indra.
Dalam kegiatan ini hadir pula Kepala OPD, Camat Sei Rampah, Kepala Desa Firdaus Estate, serta para peserta pelatihan. MC Sergai/vivi/ardi
 
Sumber : Media Center Kabupaten Serdang Bedagai
https://mediacenter.serdangbedagaikab.go.id/2021/01/26/tingkatkan-kualitas-sdm-sergai-di-masa-pandemi-lewat-pelatihan-kompetensi/

 

Hubungi Kami

Apabila anda memiliki pertanyaan tentang BDI Medan, silahkan kirim di form bawah ini.

Alamat

Jl. Damai No.32, Timbang Deli, Kec. Medan Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara 20149

Telepon

061-7865857

Your message has been sent. Thank you!