Sejarah Perkembangan BDI Medan
KEPALA BALAI DIKLAT INDUSTRI MEDAN
Ir. Husainy, M.Pd
Periode : 2015

SEJARAH PERKEMBANGAN BDI MEDAN

Balai Diklat Industri Medan berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perindustrian No. 417/M/SK/11/1984 pada tanggal 29 November 1984 dengan nama Balai Latihan Industri Medan pada awal terbentuknya. Balai Latihan Industri Medan dibentuk pada saat Menteri Perindustrian dijabat oleh Bapak Hartanto.

Pada Tahun 1996 terjadi perombakan menteri dan susunan departemen oleh Presiden Soeharto. Departemen Perindustrian digabung dengan Departemen Perdagangan menjadi Departemen Perindustrian dan Perdagangan. Penggabungan dua departemen berimbas kepada status Balai Latihan Industri Medan menjadi Balai Diklat Indag Medan. Perubahan status ini meliputi ragam pelatihan yang dilakukan, dari awalnya melaksanakan pelatihan-pelatihan yang berbasiskan pengembangan dunia industri meluas menjadi perindustrian dan perdagangan.

Pada Tahun 2001, dalam upaya peningkatan kualitas aparatur dan sumber daya manusia perindustrian dan perdagangan diterbitkanlah SK Menteri Perindustrian dan Perdagangan No. 368/MPP/Kep/12/2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pendidikan dan Pelatihan Industri dan Perdagangan. Melalui penerbitan SK ini, selain dalam rangka peningkatan kualitas SDM, penyempurnaan organisasi dan tata kerja Balai Diklat Indag juga dalam rangka meningkatkan daya guna dan hasil guna pelaksanaan pendidikan dan pelatihan industri dan perdagangan.

Pada saat pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Tahun 2005, Departemen Perindustrian dan Perdagangan kembali dipisah setelah 9 (Sembilan) tahun bergabung. Hal ini juga berimbas kepada Balai Diklat Indag Medan. Perubahan ini ditandai dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Perindustrian No. 50/M-IND/PER/6/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pendidikan dan Pelatihan Industri. Nama Balai Diklat Indag Medan diganti menjadi Balai Diklat Industri Regional I Medan. Keluarnya peraturan ini juga dalam rangka penyesuaian misi organisasi sesuai dengan kebutuhan nyata masyarakat industri. Balai Diklat Industri mempunyai tugas sebagai pelaksana teknis bidang diklat SDM aparatur dan dunia usaha. Balai Diklat Industri Regional I Medan bertanggung jawab kepada Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Industri di Jakarta.

Pada tanggal 26 Mei 2014 dikeluarkan peraturan baru mengenai Organisasi dan Tata Kerja Balai Pendidikan dan Pelatihan Industri yakni Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 40/M-IND/PER/5/2014. Nama Balai Diklat Industri Regional I Medan menjadi Balai Diklat Industri Medan dengan fokus spesialisasi pendidikan dan pelatihan SDM industri pengolahan kelapa sawit dan karet.

 

Balai Pendidikan dan Pelatihan Industri Medan

    JL. Dame No.32 Medan - Indonesia
    Medan - Indonesia
    bdimedan@gmail.com (+6261) 786 5857

Help Desk

Statistik Website :